Selasa, Julai 16, 2024, 19:09 WIB
Last Updated 2024-07-20T12:19:41Z
DaerahKDAITrending

Gerakan Guru Go Digital: Meningkatkan Keterampilan Digital Guru Desa dengan AI dan Google Gemini



HPC,PALI -- Dalam upaya untuk meningkatkan keterampilan digital para guru di wilayah desa, kegiatan 'Gerakan Guru Go Digital' sukses diselenggarakan dengan penuh antusiasme oleh Komunitas Kampung Digital Air Itam (KDAI).


Dengan tagline "Guru Desa Go Digital", acara ini dihadiri oleh para guru dari SMA Negeri 1 Penukal, SMP Negeri 1 Penukal, dan SMP Negeri 7 Penukal.Selasa (16/7/24).


Sementara Kegiatan ini mengusung tema "AI dalam Pendidikan: Membangun Skill Digital Guru dalam Proses Belajar dan Mengajar," dimana bertujuan untuk membekali para guru dengan pengetahuan dan keterampilan tentang kecerdasan buatan (AI) dan pemanfaatan Google Gemini dalam proses pembelajaran.


Dalam acara ini, para peserta diperkenalkan dengan konsep dasar AI dan penggunaan Google
Gemini dalam dunia pendidikan dimana Pemateri menjelaskan bagaimana AI dapat membantu dalam membuat modul ajar, memberikan rekomendasi pembelajaran yang dipersonalisasi, dan meningkatkan efisiensi proses mengajar.


Selain itu, peserta juga mendapatkan keterampilan mengenai penggunaan Google Gemini, sebuah platform inovatif yang memadukan teknologi AI untuk meningkatkan produktifitas para guru dalam proses belajar dan mengajar.


"Gerakan Guru Go Digital akan menjadi batu loncatan bagi para guru agar bisa memfasilitasi
peserta didiknya untuk bisa menghadapi transformasi digital yang sangat masif" ujar Mr Agus salah satu pemateri dalam kegiatan tersebut.


Agus menambahkan jika ini merupakan merupakan langkah kecil namun pasti.


"Seperti pepatah jawa ”Alon-Alon Asal Kelakon” kami berharap Kampung Digital bisa menjadi lembaga pendidikan maupun non-akademis dan menjadi tempat bagi masyarakat untuk terus berkembang," harapnya.


Sementara itu Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Penukal, Hj. Darlena, M.Pd menyampaikan bahwa Gerakan Guru Go Digital ini tentu akan mendukung pembelajaran baik guru maupun siswa.


"Dengan adanya kegiatan tersebut dapat membantu guru dalam kegiatan pembelajaran,saya berharap semoga kegiatan ini berkelanjutan dilaksanakan oleh Kampung Digital Air Itam-PALI mengingat persaingan di zaman global semakin ketat, sehingga dapat membangun skill digital guru dakam kegiatan belajar mengajar” Ujarnya.


Terpisah Teguh Estro selaku Pembina Kampung Digital Air Itam juga menyampaikan bahwa Giat
Gerakan Guru Go Digital akan menjadi pintu gerbang bagi pelopor literasi digital di desa Air
Itam.


"Pendidik di desa-desa adalah pelopor konkret yang bertemu langsung dengan generasi
muda yang hidup di era digital. Maka gerakan guru Go Digital yang diadakan Kampung Digital
Air Itam ini harus diapresiasi.” Ujar Teguh.


Menurut teguh dengan adanya kegiatan 'Gerakan Guru Go Digital', diharapkan para guru dapat mengaplikasikan pengetahuan yang telah didapatkan untuk meningkatkan proses belajar mengajar di sekolah masing-masing. Kegiatan ini juga menjadi langkah awal yang penting
dalam mendukung transformasi digital di sektor pendidikan, khususnya di daerah pedesaan.


"Gerakan ini tidak hanya memberikan dampak positif bagi para guru, tetapi juga bagi para siswa
yang akan mendapatkan manfaat dari metode pengajaran yang lebih inovatif dan berbasis
teknologi. Kegiatan ini menjadi contoh nyata bagaimana teknologi dapat diintegrasikan dalam
pendidikan untuk menciptakan generasi yang lebih siap menghadapi tantangan di masa
depan,"tutupnya.