Khamis, Julai 25, 2024, 20:32 WIB
Last Updated 2024-07-25T13:32:42Z
DaerahFestival SagarurungNasionalTrending

Peringati Harkopnas Ke-77,PALI Sukses Gelar Festival Sagarurung



HPC,PALI--Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Diskop UKM PALI) menggelar puncak peringatan Hari Koperasi yang ke-77 Provinsi Sumatra Selatan, di Gelora 10 November Komplek Pertamina Pendopo, Kamis (25/7/2024).

 

Kegiatan dibuka Bupati PALI Heri Amalindo diwakili Sekda Kartika Yanti, dan juga turut dihadiri Deputi bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kepala Dinas Koperasi UKM 17 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan “Kami atas nama Pemerintah Kabupaten PALI mengucapkan selamat memperingati Hari Koperasi ke-77. Dengan tema Koperasi Maju, Indonesia Emas". ” ujarnya mengawali sambutan.  


Ia meyakini kegiatan HUT Koperasi ke 77 yang dikemas dalam Festival Sagarurung ini menunjukkan optimisme untuk bangkit dan pulih di tengah tantangan dan kondisi koperasi saat ini.  


“Saya sangat berbahagia dapat bertemu Bapak/Ibu sekalian para pegiat koperasi di Kabupaten PALI khususnya dan Provinsi Sumatera selatan umumnya. Besar harapan kami, di usia yang sudah mencapai 77 tahun ini, koperasi akan semakin kuat, profesional, dan berdaya saing sehingga koperasi di masa yang akan datang dapat mengakselerasi dan ekskalasi pelaku usaha mikro dan kecil,” jelasnya. 


"Dengan adanya Festival Sagarurung ini bertujuan mengembangkan pusat kesejahteraan masyarakat dari potensj yang ada sebagai penggerak motor kearifan lokal agar tercipta sentra ekonomi yang maju dengan simbol daerah khas kita Bumi Serepat Serasan,” ungkap Sekda PALI, saat menyampaikan sambutannya.


Event Sagarurung ini ditambahkannya membuka peluang bagi usaha UMKM untuk mengenalkan produk lokal, produk kabupaten PALI yang berkualitas.


“Harapan kita, dengan kegiatan seperti ini tercipta ruang lingkup luas bagi pelaku usaha UMKM, meningkatkan ekonomi rakyat serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat terkhusus para pedangan di event Sagarurung ini,” katanya.


Lebih lanjut Sekda Juga Memberikan Apresiasi kepada Dinas Koperasi dan semua pihak yang telah melaksanakan event Sagarurung ini, 17 kabupaten kota pelaku UMKM kita sediakan stand untuk berjualan.


“Semoga dengan kegiatan hari ini dapat bermanfaat dan menjadi ladang rezeki bagi para pelaku UMKM,” tukasnya.


Sementara itu, Plt Kadin Koperasi& UMKM Kabupaten PALI Raden Abdurrohman SPd, MPd Mengatakan bahwa event Sagarurung ini merupakan event ke-3. Festival sagarurung hari ini dalam rangka meriahkan hari Koperasi Nasional (Harkopnas).


“Kegiatan kita ini selama 3 hari berturut turut, dan hari ini merupakan pembukaan Festival Sagarurung Dikecamatan Talang Ubi, Sebelumnya Kegiatan Festival Segarurung juga pernah kita laksanakan di 2 kecamatan Abab, Dan Tanah Abang. Dalam kegiatan ini juga Kita undang UMKM dari berbagai Kabupaten untuk memperkenalkan produk nya dan berjualan disini, kegiatan ini juga kita kemas dalam Harkopnas, Koperasi Maju Indonesia Mandiri,” ujarnya.


Event Segarurung ini harapan Kadin Koperasi&UMKM dapat terlaksana dengan baik, semoga menjadi ladang rezeki bagi para pelaku usaha di kabupaten PALI dan para UMKM yang ikut membuka stand dan berjualan disini.


“Mari kita sama- sama meriahkan event Segarurung ini, kami dari Dinas Koperasi&UMKM PALI mohon dukungan, Support kepada semua pihak agar event ke 3 ini dapat terlaksana dengan baik tanpa ada halangan apapun,” pungkasnya.