Khamis, Ogos 01, 2024, 08:39 WIB
Last Updated 2024-08-08T01:44:51Z
ADVDaerahEventNasionalTrending

Pelatihan Batik Tulis Tingkatkan Kreatifitas Pengrajin PALI



Diikuti 8 pengrajin asal PALI,Dekranasda Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar pelatihan batik tulis di balai besar standarisasi dan pelayanan jasa industri kerajinan dan batik di Yogyakarta dari tanggal 8 Juli sampai dengan 12 Juli 2024.


Ketua Dekranasda Kabupaten PALI Ir. Hj. Sri Kustina melalui Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten PALI Sekaligus ketua harian Dekranasda Kabupaten PALI BAPAK Brisvo Diansyah M, ST., MM. mengatakan adapun selama 5 hari peserta mengikuti pelatihan yang dibina langsung oleh koordinator yang kompeten dalam urusan membatik. Fokus pada pengembangan motif khas daerah, seluruh peserta ternyata mampu melahirkan karya yang luar biasa.



"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan dalam bidang batik tulis serta meningkatkan kompetensi bagi peserta yang mengikuti pelatihan ini.” kata Brisvo.


Pujian demi pujian pun datang dari para mentor serta Balai Diklat saat melihat hasil akhir pembinaan kepada para peserta. Hal ini pula yang lantas membuat Brisvo optimis sentra batik di PALI bukanlah sekedar angan belaka.


"Mereka mampu dan punya skill ternyata. Dari sini nanti tinggal bagaimana kemampuan dasar ini terus dilatih," tambahnya.



Para peserta nantinya akan diberikan sertifikat tanda bukti memiliki kelayakan dan kemampuan dalam membatik.


“Sebab seluruh peserta mendapat penilaian langsung dari Balai Diklat dan diumumkan bahwa kesemuanya dinyatakan lulus,” katanya, mengakhiri.