Rabu, Ogos 28, 2024, 16:58 WIB
Last Updated 2024-09-05T00:01:56Z
DaerahDigitalKDAITrending

Transformasi Pembelajaran,KDAI Latih Guru Kuasai Canva dalam Gerakan Guru Go Digital

Semangat para pengajar mengikuti pelatihan| Foto : pan


HPC,PALI--Dalam upaya memperkuat kompetensi digital guru di era pembelajaran modern, SMP Negeri 4 Tanah Abang berkolaborasi dengan Kampung Digital Air Itam (KDAI) menggelar pelatihan bertajuk "Gerakan Guru Go Digital: Pelatihan Pemanfaatan Canva Bagi Guru". Rabu (28/8/24)


Acara ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan teknologi para guru, sehingga mereka dapat lebih kreatif dan efektif dalam proses belajar dan mengajar.


Pelatihan ini diisi oleh Irpansyah, Founder Kampung Digital Air Itam, yang membawakan materi tentang penggunaan Canva. Irpansyah memperkenalkan Canva dan berbagai tool-nya, yang sangat berguna dalam menciptakan konten pembelajaran visual.


Para peserta diajak untuk mempraktikkan pembuatan desain poster kelas, membuat presentasi interaktif dengan PowerPoint (PPT) yang dilengkapi quiz, serta mendapatkan tips dan trik dalam memaksimalkan penggunaan Canva untuk kebutuhan belajar dan mengajar.


Selain itu, Fitri Anggraini salah satu peserta Gemini Academy dan juga Guru SMP Negeri 7 Penukal turut hadir sebagai pemateri kedua.


Ia membawakan materi tentang pengenalan kecerdasan buatan (AI) dan pemanfaatan Google Gemini dalam pembuatan modul ajar. Fitri menjelaskan bagaimana AI 

dapat menjadi alat yang sangat berguna bagi guru dalam menyusun materi pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif.


Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Tanah Abang, Ermalia, S.Pd, menyampaikan harapan terkait pelatihan ini dimana Di era serba digital saat ini, guru dituntut untuk melek digital.


"Sekolah harus memfasilitasi guru untuk mendapatkan pelatihan demi kemajuan pendidikan kita.Meskipun guru sudah mengenal Canva, penggunaannya sebagai bahan ajar di sekolah masih belum optimal. Dengan pelatihan ini, kami 

berharap kemampuan digital guru meningkat, guru dapat membantu siswa dalam menuangkan ide karya mereka, siswa belajar lebih aktif dan mencapai hasil yang lebih baik melalui pembelajaran yang menarik, serta mempermudah para guru dalam membuat bahan ajar yang menarik."Katanya.


Ditambahkan Ermalia Dengan pelatihan ini, para guru di SMPN 4 Tanah Abang diharapkan mampu mengintegrasikan teknologi digital dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat menghadirkan pengalaman pembelajaran yang lebih inovatif dan relevan bagi siswa di era digital. Kegiatan ini menjadi langkah nyata dalam mendukung transformasi pendidikan di Tanah Abang melalui Gerakan Guru Go Digital.(pan)